10 Software yang Wajib Dimiliki Restoran untuk Efisiensi Operasional Bisnis!

software wajib restoran

Table of Contents

Mengelola restoran itu memang agak rumit, ya.

Mulai dari mengelola antrian pesanan yang panjang, kesalahan pencatatan, stok bahan baku habis mendadak, hingga sulitnya melacak data penjualan. 

Jika Anda merasakan masalah-masalah ini, mungkin sudah saatnya Anda beralih ke solusi digital! Ada beberapa software yang bisa membantu Anda mengelola operasional restoran agar lebih efisien, lho!

Apa sajakah itu? Simak pembahasan kami sampai akhir, ya!

10 Software Wajib untuk Restoran

1. Kitchen Display System

Kitchen Display System (KDS) adalah sistem tampilan digital yang dipasang di area dapur restoran. 

KDS biasanya sudah terintegrasi langsung dengan sistem POS sehingga setiap pesanan yang dimasukkan oleh pelayan atau melalui sistem pemesanan online akan langsung muncul di layar secara real-time

Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dapur, meminimalkan kesalahan, dan mempercepat proses penyiapan makanan. 

KDS membantu juru masak dan staf dapur untuk melihat daftar pesanan yang harus disiapkan, prioritas pesanan, serta status pesanan (sedang diproses, siap saji, atau sudah diantarkan).

Beberapa KDS juga sudah dilengkapi fitur-fitur canggih, seperti timer untuk setiap item pesanan, peringatan jika pesanan melebihi batas waktu persiapan, dan kemampuan komunikasi dengan staf di bagian depan, misalnya memberi tahu pelayan bahwa pesanan sudah siap.

Rekomendasi Software KDS:

  • Square KDS;
  • Loyverse KDS;
  • iPos KDS.

2. Table Management

Software table management juga wajib ada dalam operasional restoran, khususnya bagi layanan dine-in

Software atau fitur ini menampilan visual dari denah restoran secara digital. Staf bisa melihat meja mana yang kosong, terisi, sudah melakukan pemesanan, sedang menunggu makanan, atau telah meminta tagihan. 

Sistem ini juga memudahkan mencatat dan mengelola reservasi dengan detail, seperti nama pelanggan, jumlah tamu, waktu kedatangan, dan permintaan khusus. 

Jadi, staf bisa mengoptimalkan penggunaan ruang, mengurangi waktu tunggu pelanggan, dan meningkatkan efisiensi layanan secara keseluruhan. 

Rekomendasi Software Table Management:

  • OpenTable;
  • Eat App;
  • Tablein.

3. Manajemen Menu / E-Menu

Melalui software e-Menu, restoran bisa mengelola dan menampilkan daftar menu mereka secara digital. 

Pemilik atau manajer restoran bisa menambah, menghapus, atau mengubah item menu, seperti deskripsi, harga, dan bahkan foto, tanpa perlu mencetak ulang. 

Perubahan ini dapat dilakukan secara real-time agar informasi yang ditampilkan kepada pelanggan selalu up-to-date, baik di sistem POS, tablet yang disediakan di meja, atau melalui aplikasi pemesanan online

Beberapa sistem e-Menu bahkan juga bisa melakukan pemesanan dan pembayaran langsung melalui perangkat pelanggan sendiri.

Sangat efisien untuk kegiatan operasional restoran, kan?

Rekomendasi Software E-Menu:

  • FlexyMenu;
  • OlaClick.

4. Sistem Pemesanan Online

Software ini berguna untuk menerima pesanan dari pelanggan melalui internet, baik melalui website restoran itu sendiri, aplikasi mobile, maupun platform pihak ketiga, seperti GoFood, GrabFood, dll. 

Saat ini, sistem pemesanan online sangat dibutuhkan restoran karena kebanyakan behavior pelanggan ingin memesan makanan dari mana saja dan kapan saja, tanpa harus datang langsung ke restoran atau menelepon. 

Melalui software ini, pelanggan bisa melihat menu lengkap, memilih item yang diinginkan, memodifikasi pesanan, menentukan waktu pengambilan atau pengantaran, serta melakukan pembayaran secara online

Sistem ini tidak hanya memperluas jangkauan pasar restoran, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional, lho.

Positifnya, pendapatan restoran meningkat, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan mampu beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen yang semakin mengutamakan kenyamanan dan kecepatan.

Rekomendasi Software Sistem Pemesanan Online:

  • GoFood;
  • GrabFood;
  • Moka Order.

5. Inventory Management

Software ini dirancang untuk mengelola dan melacak seluruh stok bahan baku, bahan setengah jadi, dan barang jadi di restoran. 

Inventory Management (Manajemen Inventaris) sangat bermanfaat untuk mengendalikan biaya, mencegah pemborosan, dan memastikan kelancaran operasional restoran.

Sebab, restoran bisa memantau jumlah stok tersedia secara real-time, melacak penggunaan bahan baku untuk setiap menu, menetapkan tingkat stok minimum dan maksimum, serta menghasilkan peringatan otomatis ketika stok perlu diisi ulang. 

Sistem ini juga membantu memesan bahan baku ke pemasok, memastikan restoran memesan jumlah tepat pada waktu yang tepat, serta menghindari kelebihan atau kekurangan stok. 

Rekomendasi Software Inventory Management:

  • Hashmicro Inventory Management;
  • Netsuite;
  • IBM Inventory.

6. Customer Relationship Management (CRM)

Selanjutnya, software CRM untuk membantu restoran membangun dan memelihara hubungan yang kuat dengan pelanggan mereka. 

CRM mengumpulkan dan mengelola data pelanggan dari berbagai sumber, seperti riwayat pesanan, informasi kontak, preferensi menu, tanggal ulang tahun, dan interaksi dengan restoran. 

Melalui informasi ini, restoran bisa mempersonalisasi layanan, mengirimkan promosi, serta mensegmentasi pelanggan berdasarkan berbagai kriteria. Misalnya, pelanggan baru, pelanggan setia, pelanggan yang sering memesan menu tertentu. 

Contoh penggunaan CRM, antara lain mengirimkan email ucapan selamat ulang tahun dengan diskon khusus, atau menawarkan promosi menu baru kepada pelanggan yang sebelumnya pernah memesan menu serupa. 

Rekomendasi Software CRM:

  • Qontak;
  • Salesforce;
  • Zoho CRM.

7. Sistem Manajemen Karyawan

Tak kalah penting, Sistem Manajemen Karyawan juga dibutuhkan untuk menyederhanakan dan mengotomatiskan berbagai aspek pengelolaan karyawan di restoran. 

Sistem ini mencakup berbagai fungsi, mulai dari penjadwalan kerja, absensi, perhitungan jam kerja, hingga perhitungan gaji dan upah. 

Beberapa software bahkan sudah terintegrasi dengan sistem POS, jadi bisa melacak penjualan per karyawan untuk memberikan insentif atau komisi. 

Rekomendasi Software Manajemen Karyawan:

  • LinovHR;
  • Hadirr;
  • Mekari Talenta.

8. Sistem Akuntansi dan Keuangan

Software akuntansi dan keuangan berfungsi untuk mencatat, melacak, dan mengelola seluruh transaksi keuangan yang terjadi di restoran. 

Sistem ini menggantikan pencatatan manual yang rentan kesalahan, dengan menyediakan platform terpusat untuk mengelola pendapatan, pengeluaran, aset, kewajiban, dan modal.

Anda bisa memantau arus kas secara real-time, melacak penjualan harian, mingguan, dan bulanan, serta mengelola faktur dan pembayaran kepada pemasok. 

Sistem ini juga biasanya dilengkapi dengan fitur perhitungan dan pelaporan pajak, lho.

Rekomendasi Software Akuntansi dan Keuangan:

  • Xero Accounting;
  • Paper.id;
  • MYOB.

9. Analisis Data

Analisis data dalam konteks operasional restoran merujuk pada proses pengumpulan, pengolahan, dan interpretasi data dari berbagai sumber untuk mendapatkan insight terkait operasional. 

Melalui software analisis data, Anda bisa melihat tren, pola, dan anomali yang tidak terlihat secara kasat mata. 

Misalnya, analisis data mengungkap menu paling laris dan paling tidak laris, waktu-waktu puncak kunjungan pelanggan, efektivitas promosi tertentu, atau bahkan kinerja setiap karyawan.

Rekomendasi Software Analisis Data:

  • Looker Studio;
  • Google Spreadsheet;
  • Tableau.

10. Point of Sale (POS)

Semua software yang sudah kita bahas di atas, ternyata bisa disatukan dalam satu sistem bernama Point of Sales (POS), lho! Jadi lebih efisien!

Sistem POS adalah gabungan software dan hardware yang menggantikan fungsi mesin kasir tradisional dengan sistem terkomputerisasi. 

Saat ini, POS tidak hanya memproses transaksi pembayaran, tetapi juga mempermudah berbagai aspek operasional, mulai dari mencatat pesanan, memproses pembayaran, hingga mencetak struk. 

Sistem POS sangat berguna untuk menyederhanakan alur kerja, meminimalkan kesalahan manusia, dan menyediakan data real-time

Fitur-fitur utama yang umumnya terdapat dalam sistem POS restoran, mencakup manajemen meja, pencatatan pesanan, pemrosesan transaksi pembayaran, manajemen menu, laporan penjualan, analisis data, dan manajemen karyawan.

Rekomendasi Software POS:

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, sekarang Anda sudah tahu berbagai software yang dibutuhkan restoran untuk meningkatkan efisiensi, kan? 

Mulai dari pemesanan, transaksi pembayaran manajemen meja, pengelolaan inventaris, hingga analisis data. Semuanya penting untuk mengoptimalkan operasional, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan keuntungan.

Namun, daripada memasang banyak software berbeda-beda yang membutuhkan banyak biaya, saran kami lebih baik menggunakan sistem POS saja karena semua fitur tersebut sudah tersedia dalam satu platform terpadu.

Semoga artikel ini membantu Anda, ya!

 

Share:

wpChatIcon
wpChatIcon