Merasa kewalahan mengelola antrian laundry yang panjang, mencatat pesanan secara manual, atau pusing tujuh keliling karena menghitung keuntungan?
Jika ya, mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan penggunaan sistem POS untuk laundry Anda.
Apa Itu Sistem POS?
Sistem POS adalah sistem untuk memudahkan transaksi penjualan antara penjual dan pembeli.
Sistem POS dirancang untuk membantu bisnis dalam mengelola berbagai aspek operasional mereka, khususnya yang berhubungan dengan penjualan.
Sistem POS bisa digunakan untuk berbagai macam jenis dan skala, terutama yang bergerak di bidang ritel dan jasa, salah satu contohnya laundry.
Manfaat Sistem POS untuk Laundry
1. Mengelola transaksi lebih mudah dan cepat
Sistem POS secara otomatis mencatat setiap transaksi, meminimalisir kesalahan yang biasa terjadi kalau kita mencatat secara manual dan mempercepat proses pembayaran bagi pelanggan.
2. Membantu manajemen data pelanggan
Melalui sistem POS, informasi penting seperti nama, kontak, dan riwayat layanan pelanggan dapat disimpan dengan rapi.
Data ini berguna untuk memberikan pelayanan yang personal dan merancang promosi lebih efektif.
3. Memudahkan pelacakan status pesanan
Anda bisa memantau dan mencatat perkembangan setiap pesanan dengan mudah, apakah masih dalam proses, sudah selesai, atau sudah diambil pelanggan.
Hal ini berdampak positif pada efisiensi operasional secara keseluruhan.
4. Membantu membuat laporan keuangan secara otomatis
Laporan harian, mingguan, atau bulanan yang dibuat otomatis ini sangat membantu dalam menganalisis kondisi keuangan dan membuat keputusan terkait bisnis.
5. Ada berbagai pilihan metode pembayaran
Sistem POS menyediakan opsi pembayaran seperti uang tunai, e-wallet, transfer bank, dan kartu kredit.
Anda pun bisa memberikan kenyamanan kepada pelanggan dalam melakukan pembayaran, sesuai metode yang mereka suka.
Fitur-Fitur Utama Sistem POS untuk Laundry
1. Fitur order dan pelanggan
Fitur ini sangat penting untuk mengelola operasional laundry dan pelayanan pelanggan agar lebih efisien.
Fitur-fitur mencakup:
- Pencatatan order: Setiap order dicatat secara detail, meliputi:
-
-
- Jenis layanan (cuci kering, cuci basah, setrika, dll);
- Berat dan jumlah pakaian;
- Jenis bahan pakaian;
- Detail noda khusus (jika ada);
- Instruksi khusus dari pelanggan;
- Tanggal penerimaan dan perkiraan selesai;
- Total harga.
-
- Pelacakan status order real-time: Pelanggan dan staf laundry bisa memantau status pengerjaan setiap order secara real-time, mulai dari tahap “diterima,” “proses cuci,” “proses setrika,” hingga “siap diambil.”
- Manajemen pelanggan (CRM): Sistem menyimpan data pelanggan, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan riwayat order.
- Mengelola antrian pelanggan: Sistem membantu mengelola antrian pelanggan, terutama pada jam-jam sibuk.
2. Transaksi dan pembayaran
Fitur-fitur ini memastikan proses transaksi berjalan lancar, akurat, dan memberikan kenyamanan bagi pelanggan maupun pengelola laundry.
Mencakup:
-
- Perhitungan otomatis: Menghitung total biaya secara otomatis berdasarkan jenis layanan, berat/jumlah pakaian, dan harga.
- Diskon dan promo: Membuat dan mengelola berbagai jenis diskon, promo, atau kupon untuk menarik pelanggan. Contohnya diskon persentase, diskon nominal, dan promo bundling.
- Berbagai metode pembayaran: Mendukung berbagai metode pembayaran, seperti tunai, kartu debit/kredit, dompet digital (OVO, GoPay, Dana), dan transfer bank.
- Pencetakan struk/resi: Mencetak struk atau resi sebagai bukti transaksi bagi pelanggan, yang berisi detail order dan total biaya.
- Pengelolaan kas: Mencatat setiap transaksi masuk dan keluar, membantu memantau arus kas dan mencegah selisih kas.
3. Manajemen inventaris
Fitur ini juga penting untuk memastikan operasional laundry berjalan lancar, efisien, dan menguntungkan.
- Daftar jenis layanan: Fitur ini membantu mengelola daftar layanan yang ditawarkan, seperti:
- Nama layanan, misalnya, Cuci Kering, Cuci Basah, Setrika, Cuci Karpet;
- Harga untuk setiap layanan, berdasarkan berat, jenis pakaian, atau layanan tambahan;
-
-
- Deskripsi layanan, seperti detail proses pencucian dan jenis deterjen yang digunakan;
-
- Pelacakan stok: Melacak stok perlengkapan laundry secara real-time, meliputi detergen, pewangi, plastik kemasan, hanger, dan perlengkapan lainnya.
4. Laporan dan analisis
Anda bisa memantau sejauh mana bisnis laundry berkembang, sebab POS menyediakan fitur laporan penjualan, laporan keuangan, lengkap dengan analisisnya.
- Laporan Penjualan: Berisi informasi tentang total pendapatan, jumlah transaksi, dan jenis layanan yang paling laku.
- Laporan Keuangan: Laporan laba rugi dan arus kas.
- Analisis Data: Menyediakan data dan grafik untuk menganalisis tren penjualan, performa layanan, dan perilaku pelanggan.
Cara Kerja Sistem POS untuk Laundry
1. Pengambilan Pesanan
Saat pelanggan datang, sistem POS akan membantu mencatat pelanggan, baik dengan membuat data pelanggan baru atau mencari data pelanggan yang sudah ada.
Sistem akan mencatat detail pesanan, seperti jenis layanan (cuci kering, cuci lipat, setrika saja, dll), jenis pakaian, berat, permintaan khusus, dan estimasi waktu selesai.
Setelah itu, sistem akan menghasilkan nomor antrian atau tag unik yang dicetak dan diberikan kepada pelanggan sebagai bukti transaksi.
Tag ini juga ditempelkan pada cucian untuk menghindari tertukar.
2. Pemrosesan Pembayaran
Berdasarkan detail pesanan, sistem akan secara otomatis menghitung total biaya yang harus dibayar pelanggan.
Sistem POS mendukung berbagai metode pembayaran, seperti tunai, e-wallet, dan kartu debit/kredit.
Setelah pembayaran berhasil, sistem mencetak struk berisi detail pesanan, harga, dan informasi pembayaran.
3. Manajemen Produksi
Sistem POS membantu staf laundry untuk melacak status setiap pesanan, mulai dari “diterima”, “diproses”, “dicuci”, “dikeringkan”, “disetrika”, “siap diambil”, hingga “sudah diambil”.
Sistem juga bisa membantu membagi tugas kepada staf berdasarkan jenis layanan dan keahlian masing-masing.
Selain itu, sistem pun menampilkan daftar antrian pesanan yang harus dikerjakan. Jadi, staf bisa memprioritaskan pekerjaan berdasarkan antrian.
Optimalkan Bisnis Anda Bersama Sistem POSKU
Tertarik menggunakan sistem POS untuk bisnis laundry Anda?
Upgrade bisnis Anda sekarang juga dengan beralih ke sistem POSKU dari TDC!
POSKU akan mengotomatiskan transaksi penjualan manual Anda dan mengintegrasikannya ke dalam satu sistem yang efisien dan mudah digunakan.
Ingin request demo untuk POSKU Retail?
HUBUNGI KAMI SEKARANG!
Telp: +62812-1222-1811
Email: info@tdcdigital.id