Anda pasti pernah belanja di toko retail, seperti Alfamart, kan?
Nah, pernahkah Anda memperhatikan betapa cepat dan efisiennya proses pembayaran di kasir?
Semua itu berkat software POS Alfamart.
Penasaran apa itu dan apakah bisa diaplikasikan juga di toko Anda? Ketahui penjelasannya di artikel ini, yuk!
Mengenal Apa Itu Software POS Alfamart
Software POS Alfamart adalah sistem point-of-sale (POS) untuk menangani transaksi dan operasional di toko-toko retail, seperti Alfamart.
Sebelumnya, kami sudah membahas apa itu Point of Sales di artikel terpisah. Anda harus membaca itu dulu jika belum mengetahui pengertian POS dan cara kerjanya.
Seperti yang kita tahu, Alfamart adalah toko minimarket/waralaba/jaringan toko serba ada terbesar di Indonesia. Nah, untuk mencatat transaksi, memantau stok barang, dan pembukuan, Alfamart menggunakan sistem POS.
Tidak hanya Alfamart saja, berbagai jenis usaha retail lainnya juga menggunakan sistem POS, seperti supermarket, hypermarket, restoran, toko kelontong, dan lainnya.
Manfaat Aplikasi Kasir Alfamart
1. Mengelola stok dengan mudah dan real-time
Setiap transaksi penjualan yang diproses melalui aplikasi kasir akan secara otomatis memperbarui jumlah stok barang yang tersedia.
Hal ini mencegah terjadinya selisih antara data stok di sistem dan stok fisik di toko.
Aplikasi kasir dapat memberikan peringatan jika stok suatu barang menipis.
Jadi, pengelola toko bisa segera melakukan pemesanan ulang dan mencegah kehabisan stok.
2. Transaksi penjualan dengan cepat dan akurat
Pemindai barcode mempercepat proses transaksi dan meminimalkan kesalahan input data. Harga dan detail produk akan otomatis muncul setelah barcode dipindai.
Aplikasi kasir secara otomatis menghitung total belanja, diskon, dan pajak sehingga mengurangi potensi kesalahan perhitungan manual.
Selain itu, aplikasi kasir seperti software POS Alfamart mendukung berbagai metode pembayaran, seperti tunai, kartu debit/kredit, dan e-wallet.
3. Pembukuan dan laporan otomatis
Setiap transaksi penjualan dicatat secara otomatis oleh aplikasi kasir.
Jadi, aplikasi kasir menghasilkan laporan penjualan, seperti laporan penjualan harian, mingguan, bulanan, laporan penjualan per produk, dan laporan lainnya.
Nah, laporan ini sangat berguna untuk menganalisis kinerja penjualan, mengidentifikasi produk terlaris, dan membuat keputusan bisnis.
4. Integrasi dengan sistem lain
Aplikasi kasir juga bisa diintegrasikan dengan sistem lain, seperti sistem akuntansi, sistem manajemen inventaris pusat, dan sistem loyalitas pelanggan.
Fitur-Fitur Utama
1. Manajemen transaksi penjualan
Fitur ini mencakup pencatatan detail setiap transaksi, seperti informasi produk, harga, jumlah, diskon, dan metode pembayaran yang digunakan.
Proses transaksi menggunakan pemindaian barcode, tetapi tetap menyediakan opsi input manual jika barcode rusak atau tidak terbaca.
Sistem juga dilengkapi dengan kemampuan mengelola berbagai jenis diskon dan promo, seperti diskon persentase, diskon nominal, dan promo bundling.
Sementara agar lebih fleksibel, sistem mendukung berbagai metode pembayaran, mulai dari tunai, kartu debit/kredit, dompet digital, hingga voucher.
Setelah transaksi selesai, sistem akan mencetak struk sebagai bukti bagi pelanggan.
Terakhir, fitur ini juga membantu pembatalan transaksi dan proses retur barang jika diperlukan.
2. Manajemen stok barang
Sistem POS mencatat setiap pergerakan stok, baik barang masuk (dari supplier) maupun barang keluar (karena penjualan).
Nah, untuk menjaga akurasi data stok, sistem memfasilitasi proses pengecekan stok secara berkala, atau yang biasa disebut stock opname.
Fitur penting lainnya adalah peringatan stok minimum, yang secara otomatis memberikan notifikasi jika stok suatu barang menipis sehingga mencegah terjadinya kehabisan stok.
Selain itu, sistem juga mengelola data supplier, yang mencakup pencatatan informasi supplier dan mempermudah proses pemesanan barang.
Terakhir, untuk meminimalkan kerugian akibat barang kadaluarsa, sistem menerapkan metode FEFO (First Expired First Out), yakni memprioritaskan penjualan barang dengan tanggal kadaluarsa yang paling dekat.
3. Laporan penjualan
Sistem menghasilkan beragam laporan penjualan, mulai dari laporan harian, mingguan, dan bulanan, hingga laporan spesifik seperti penjualan per produk, per kasir, dan berdasarkan metode pembayaran.
Selain laporan penjualan, sistem juga menyediakan laporan stok barang yang merinci stok masuk, stok keluar, dan sisa stok yang tersedia.
4. Manajemen pelanggan (CRM)
Ada lagi fitur CRM sederhana yang memprioritaskan integrasi dengan sistem keanggotaan atau member.
Integrasi ini mengelola data pelanggan yang sudah terdaftar sebagai member, salah satunya pemberian dan penggunaan poin untuk transaksi. Jadi, Alfamart bisa memberikan reward kepada pelanggan setia mereka.
Cara Kerja Software POS Alfamart
Sebenarnya sama saja dengan cara kerja POS pada umumnya, tetapi disesuaikan dengan kebutuhan dan operasional toko Alfamart.
Kami akan menjelaskannya berdasarkan proses transaksi penjualan dan pengelolaan stok barang.
Proses transaksi penjualan
Kasir memindai barcode produk yang dibeli pelanggan menggunakan barcode scanner.
Sistem POS akan secara otomatis mencari informasi produk tersebut di database, termasuk harga dan stoknya.
Jika barcode rusak atau tidak terbaca, kasir bisa memasukkan kode produk secara manual.
Sistem POS akan menghitung total harga belanjaan secara otomatis, termasuk diskon atau promo yang sedang berlaku.
Selanjutnya, pelanggan melakukan pembayaran dengan memilih berbagai metode, seperti tunai, kartu debit/kredit, atau dompet digital. Kasir memilih metode pembayaran yang sesuai di sistem POS.
Setelah pembayaran berhasil, sistem POS mencetak struk sebagai bukti transaksi. Struk ini berisi informasi detail belanjaan, total harga, metode pembayaran, dan informasi toko.
Setelah transaksi selesai, sistem POS secara otomatis mengurangi jumlah stok barang yang terjual dalam database. Hal ini memastikan data stok selalu up-to-date.
Pengelolaan stok barang
Saat ada pengiriman barang baru, petugas toko mencatat informasi barang tersebut ke dalam sistem POS, termasuk jumlah, tanggal kadaluarsa (jika ada), dan informasi lainnya.
Sistem akan otomatis menambahkan stok barang tersebut.
Sistem POS memfasilitasi pengecekan stok secara berkala. Hal ini penting untuk memastikan data stok di sistem sesuai dengan fisik barang di toko.
Sistem akan memberikan peringatan otomatis jika stok suatu barang mencapai level minimum yang telah ditentukan. Sangat membantu mencegah terjadinya kehabisan stok.
Sistem POS Alfamart juga mendukung penerapan metode FEFO (First Expired First Out). Sistem akan memprioritaskan penjualan barang yang tanggal kadaluarsanya lebih dekat.
Optimalkan Bisnis Anda Bersama Sistem POSKU
Sekarang Anda sudah tahu tentang software POS Alfamart, kan?
Ingin memiliki sistem serupa untuk toko retail Anda?
Yuk, segera upgrade toko Anda dengan sistem POSKU by TDC!
Nikmati kemudahan pengelolaan transaksi penjualan dengan POSKU. Sistem ini mengotomatiskan proses manual dan mengintegrasikannya ke dalam satu platform yang efisien.
Ingin request demo untuk POSKU Retail?
HUBUNGI KAMI SEKARANG!
Telp: +62812-1222-1811
Email: info@tdcdigital.id