Ada banyak fitur Point of Sales (POS) yang memudahkan penjual dalam proses transaksi pembayaran.
Setidaknya, kita bisa membagi fitur POS menjadi dua, yakni fitur utama dan fitur tambahan.
Fitur utama artinya wajib ada dalam sistem POS, sementara fitur tambahan hanya opsional yang menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
Nah, dalam artikel kali ini, kami akan membahas fitur utama pada sistem POS yang akan sangat berguna untuk kegiatan bisnis Anda.
Namun, sebelum itu, mari pahami kembali apa itu Point of Sales.
Mengenal Apa itu Point of Sales
Sebenarnya kami sudah membahas mengenai Point of Sales secara lengkap di artikel Point of Sales (POS): Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja.
Anda bisa membaca selengkapnya di artikel tersebut.
Namun, biar kami ulas secara singkat lagi di sini.
Point of Sales adalah sistem atau layanan yang mencatat transaksi dan memproses pembayaran.
Anda pasti pernah berbelanja di swalayan atau mall, kan?
Nah, sistem kasir mereka itu menggunakan layanan POS.
Cara kerjanya begini: pembeli memilih barang, kasir scan barcode barang, sistem POS menghitung total harga, pembeli membayar, dan POS mencetak struk.
Nah, untuk mendukung pekerjaan tersebut, sistem POS dilengkapi oleh fitur-fitur utama yang akan kami bahas.
Fitur Point of Sales
1. Pendataan transaksi
Semua layanan POS memiliki fitur pendataan transaksi untuk mencatat secara detail setiap transaksi yang terjadi di seluruh cabang retail Anda.
Setiap penjualan, retur, atau aktivitas transaksi lainnya akan tercatat dengan rinci. Anda pun tidak perlu repot-repot lagi mencatat secara manual di buku kas.
2. Manajemen stok barang
Rata-rata sistem POS dilengkapi dengan sistem manajemen stok.
Sistem ini mampu melakukan pengecekan stok barang secara otomatis dan real-time. Anda akan selalu mengetahui jumlah stok yang tersedia di setiap cabang.
Otomatisasi ini sekaligus membantu meminimalisir kesalahan input data barang yang kerap terjadi saat proses pencatatan manual.
Anda bisa memastikan keakuratan data stok dan mencegah kekurangan atau kelebihan stok.
Positifnya, fitur ini memudahkan Anda mengambil keputusan bisnis terbaik yang berkaitan dengan pengadaan dan penjualan barang.
3. Laporan real-time
Salah satu fitur POS yang sangat membantu bisnis Anda adalah kemampuannya dalam menyajikan laporan kondisi lapangan secara real-time.
Artinya, Anda dapat memantau aktivitas penjualan, stok barang, dan performa masing-masing cabang kapan pun dan di mana pun berada.
Tidak perlu lagi menunggu laporan harian atau mingguan untuk mendapatkan gambaran terkini tentang bisnis Anda.
Praktis sekali, kan?
4. Pengaturan harga
Selanjutnya, ada fitur pengaturan harga yang sangat membantu kegiatan bisnis Anda.
Melalui sistem terpusat, harga barang bisa diubah dengan cepat dan mudah, baik untuk satu item tertentu maupun sekaligus banyak item.
Perubahan harga ini akan langsung terbarui secara otomatis di seluruh cabang.
Fitur ini tidak hanya menghemat waktu dan tenaga, tetapi juga menjamin konsistensi harga di semua toko, mencegah kesalahan input harga, dan membantu Anda dalam menerapkan strategi harga.
5. Barcode dan QRIS
Sistem POS menyediakan fitur penggunaan barcode dan QRIS untuk mempercepat proses transaksi.
Nah, dengan barcode ini, kasir dapat dengan cepat memindai kode barang, mengurangi kesalahan input, dan mempercepat proses checkout.
Sementara itu, adanya QRIS memudahkan pelanggan untuk membayar menggunakan berbagai aplikasi e-wallet.
Dampaknya, pembeli lebih nyaman bertransaksi di toko Anda dan tak ragu berkunjung lagi.
Optimalkan Bisnis Anda Bersama Aplikasi POSKU
Kabar baiknya, semua fitur Point of Sales yang sudah kami bahas di atas ada di POSKU by TDC, lho!
Bersama POSKU, bisnis Anda akan selangkah lebih maju!
Proses transaksi penjualan Anda yang sebelumnya manual, akan diotomatisasi dan diintegrasikan ke dalam satu sistem yang ringkas dan mudah digunakan.
Apalagi bagi bisnis UMKM, ada POSKU Lite yang bisa Anda download di Google Play Store.
GRATIS tanpa biaya aplikasi!
Ingin tahu informasi lebih lanjut atau request demo?
Telp: +62812-1222-1811
Email: info@tdcdigital.id