7 Rekomendasi Aplikasi POS Terbaik untuk Restoran!

aplikasi pos terbaik untuk restoran

Table of Contents

Bingung memilih aplikasi POS terbaik untuk restoran Anda di antara sekian banyak pilihan yang ada?

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan rekomendasi aplikasi POS terbaik untuk restoran yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

Yuk, simak!

7 Aplikasi POS Terbaik untuk Restoran

1. Moka POS

Moka POS adalah aplikasi kasir berbasis cloud yang populer di Indonesia. Aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagai jenis usaha, salah satunya restoran.

Untuk memudahkan kegiatan restoran, mereka memiliki beberapa fitur andalan, seperti:

Fitur Unggulan

Keterangan

Library Daftar menu yang berisi rincian mengenai barang yang akan dijual.
Report Berisi catatan mengenai perolehan penjualan, kegiatan operasional, dan data spesifik jam kerja karyawan.
Ingredients Mengelola bahan baku, mencakup cara membuat bahan baku dan cara membuat resep.
Table Management Fitur untuk mengatur manajemen meja di outlet, seperti membuat meja, mengubah grup meja, lalu melihat denah meja.

Cara kerjanya pun cukup mudah.

Kasir dapat mencatat pesanan dan pembayaran pelanggan melalui aplikasi MokaPOS di tablet atau ponsel. 

Data penjualan otomatis tersimpan dan diolah menjadi laporan serta analisis yang bisa diakses pemilik usaha melalui Back Office MokaPOS secara real-time selama perangkat terhubung ke internet.

Seperti halnya perangkat lunak lainnya, aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, di antaranya:

Kelebihan

Kekurangan

  • Moka Prime bisa digunakan tanpa listrik dan internet. Plus, ada tambahan baterai tanam dan offline mode.
  • Desain tablet layar sentuh lebih elegan.
  • Ada layar kedua pada tablet sehingga customer bisa memberikan feedback atau menampilkan kode QR pembayaran.
  • Bisa membuat tagihan terpisah untuk setiap pelanggan.
  • Ada biaya perawatan per bulan mulai dari Rp299.000.
  • Ada beberapa perangkat yang tidak bisa digunakan untuk mengoperasikan Moka POS.
  • Harga Moka POS hanya mencakup untuk aplikasi kasirnya, sementara hardware-nya (seperti tablet) harus beli terpisah.
  • Fitur Customer Relationship (CRM) di Moka POS masih dasar dan terbatas.

2. Majoo POS

Sebagai aplikasi kasir digital, Majoo POS dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis usaha, termasuk restoran, toko ritel, salon, laundry, dan banyak lagi.

Bagi pemilik bisnis restoran dan kafe, Majoo menawarkan aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, yaitu Majoo Prime F&B.

Fitur-fiturnya meliputi:

Fitur Unggulan

Keterangan

Kitchen Display System (KDS) Pesanan pelanggan langsung diteruskan ke kitchen tanpa perantara waiter atau kasir.
E-Menu Pelanggan bisa memilih menu dan membayar pesanan mereka langsung dari meja hanya dengan memindai QR E-menu.
Food Order Online Pesanan GrabFood dan GoFood otomatis diterima dan diproses di dapur.

Lalu bagaimana cara penggunaannya?

Secara umum, pengguna bisa mengakses aplikasi kasir untuk mengatur preferensi seperti jenis order, otorisasi, dan tampilan. 

Sementara pengaturan lebih lanjut (meja, pengiriman, reservasi, dan produk) tersedia di dashboard online. Plus, adanya fitur KDS membantu menyederhanakan alur pesanan ke dapur.

Nantinya, semua data transaksi akan tercatat dalam laporan kasir yang lengkap. 

Nah, sebelum memutuskan menggunakan aplikasi ini, ada baiknya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya berikut ini:

Kelebihan

Kekurangan

  • Mendukung pembuatan website restoran untuk pemesanan online.
  • Pelanggan bisa langsung memesan dari perangkat elektronik di meja, tanpa harus ke kasir dulu.
  • Menggunakan sistem local server, artinya bisa tetap beroperasi meski ada kendala koneksi internet.
  • Biaya langganan relatif mahal untuk Majoo Prime F&B, mulai dari Rp999 ribu per bulan.
  • Beberapa fitur tambahan (add-ons) hanya tersedia di paket yang lebih mahal.
  • Jika Anda hanya butuh sistem POS sederhana, banyaknya fitur bisa jadi overwhelming (terlalu banyak) dan membuat aplikasi terasa rumit.

3. Kasir Pintar POS

Selanjutnya, ada aplikasi Kasir Pintar POS yang berbasis mobile dan desktop untuk mengelola transaksi dan pembukuan, cocok untuk berbagai bisnis, termasuk restoran.

Kasir Pintar POS menawarkan dua jenis aplikasi berbeda, yaitu Kasir Pintar Free dan Kasir Pintar Pro.Perbedaannya adalah fitur dan harga. Anda bisa melihat perbedaannya di laman landas Kasir Pintar

Nah, untuk bisnis restoran, mereka memiliki fitur andalan, yakni:

Fitur Unggulan

Keterangan

Kasir Pintar Pro
  • Memudahkan mencari produk dengan kategori barang.
  • Transaksi unlimited (tidak terbatas).
  • Pengaturan meja untuk pelanggan dan custom nama pelanggan.
  • Tambahan toping atau custom kopi pesanan dengan adds-on.
  • Tambahan pajak PPN untuk pesanan dengan fitur pajak.
  • Struk tanpa watermark.
  • Struk bisa dikirim via WhatsApp.
Plugin Ingredients
  • Menentukan detail bahan baku untuk satu produk makanan dan satu produk minuman di kafe.
  • Menghitung kuantitas setiap bahan baku yang digunakan dalam masing-masing produk tersebut.
Plugin Business Account
  • Pengiriman struk otomatis via email.
  • Pembuatan paket menu.
  • Program loyalitas pelanggan berbasis poin.
  • Pencatatan transaksi berdasarkan metode pembayaran. 
  • Dukungan multi-printer.

Kasir Pintar POS bisa digunakan di perangkat Android, iOS, dan desktop. 

Anda bisa mengunduh versi Android di Google Play Store dan versi iOS di App Store, sementara versi desktop harus dari website Kasir Pintar.

Untuk cara kerjanya, Kasir Pintar POS mencatat setiap transaksi penjualan secara digital, memproses pembayaran dari pelanggan melalui berbagai metode, dan mengelola inventaris restoran secara real-time

Selanjutnya, ketahui kelebihan dan kekurangannya aplikasi ini dulu, yuk!

Kelebihan

Kekurangan

  • Menyediakan versi gratis dengan fitur dasar, cocok untuk bisnis restoran yang tidak belum memiliki banyak pelanggan.
  • Harga lumayan terjangkau untuk versi PRO, mulai dari Rp55.500 per bulan.
  • Harga versi PRO belum termasuk plugin yang diperlukan untuk mengelola bisnis restoran. Jika ingin fitur lebih lengkap harus membeli plugin atau membeli paket bundling plugin sebesar Rp1.499.000 per tahun.

4. EQUIP POS

Aplikasi POS terbaik untuk restoran selanjutnya ada dari EQUIP, salah satu penyedia solusi ERP di Indonesia.

EQUIP POS menawarkan berbagai fitur, seperti:

Fitur Unggulan

Keterangan

Inventory Tracking Menyediakan laporan stok otomatis secara berkala, pencarian produk, kontrol penjualan, dan notifikasi otomatis jika stok produk menipis.
Customer & Promotion Management Manajemen data pelanggan dalam skala besar, promosi personal, dan program promosi unik di setiap cabang.
Multi-payment Method Pembayaran menggunakan berbagai metode, mencakup tunai, kartu kredit, kartu debit, transfer bank, virtual account (VA), dan QRIS.
Comprehensive Reporting Menghasilkan laporan administrasi yang detail, seperti laporan penjualan harian dan stok, dalam hitungan menit.
Easy Billing & Reconciliation Struk transaksi bisa dicetak fisik atau dikirim melalui email atau SMS. 
Return, Refund, & Credit Management Memfasilitasi refund (penggantian produk/pengembalian uang) atau penukaran menjadi poin.

Lumayan lengkap untuk mengelola bisnis restoran, ya.

Mari kita ketahui kelebihan dan kekurangannya, yuk!

Kelebihan

Kekurangan

  • Mampu menyelaraskan data produk dan harga di seluruh cabang toko secara otomatis.
  • Mampu mengelola banyak karyawan tanpa biaya tambahan per pengguna.
  • Mampu mengelola beberapa toko atau cabang dengan banyak pengguna sekaligus.
  • Banyaknya fitur memerlukan konsultasi dengan vendor.
  • Waktu implementasinya bisa lama tergantung kebutuhan.
  • Perusahaan non-enterprise mungkin memerlukan penyesuaian fitur.

5. MASPOINT POS

MASPOINT adalah aplikasi POS yang terintegrasi dengan software ERP MASERP. Uniknya, aplikasi ini mendukung penjualan secara online dan offline hanya dalam satu aplikasi.

Fitur-fiturnya mencakup: 

Fitur Unggulan

Keterangan

Penjualan Langsung (POS) Mendukung transaksi penjualan baik di toko fisik (offline) maupun toko online.
Pembuatan Sales Order (SO) Memungkinkan pembuatan pesanan penjualan (sales order).
Maintenance Data Customer Terpusat Mengelola data pelanggan dalam database terpusat, memudahkan akses dan pembaruan informasi pelanggan.
Cek Stok Real-time Memantau stok bahan baku secara real-time.
Generate Laporan Penjualan Menghasilkan laporan penjualan untuk analisis dan pengambilan keputusan.
Scan Barcode dengan Kamera Memindai barcode menggunakan kamera perangkat, mempermudah input data produk.

Cara menggunakannya pun cukup mudah.

Setelah menghubungkan perangkat keras dan login ke Maspoint POS, kasir cukup memilih kategori produk untuk setiap barang yang dibeli. 

Sistem secara otomatis menghitung total belanja (termasuk pajak dan diskon). 

Setelah memproses pembayaran sesuai pilihan pelanggan, Maspoint POS secara otomatis menyimpan data penjualan, memperbarui stok, menghasilkan laporan harian, dan mencatat data keuangan.

Berikut kelebihan dan kekurangan aplikasi ini:

Kelebihan

Kekurangan

  • Menawarkan layanan hybrid cloud, yakni bisa memasang software di server kantor atau di cloud.
  • Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.
  • Bisa terintegrasi dengan software ERP MASERP.
  • Fitur khusus untuk pengelolaan restoran mungkin terbatas.
  • Proses migrasi data cukup rumit.  
  • Biaya implementasi dan pemeliharaan lumayan tinggi.

6. HashMicro’s Restaurant POS

HashMicro POS adalah aplikasi POS dari HashMicro yang bisa dikustomisasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis restoran. 

Aplikasi ini menawarkan fitur khusus bisnis restoran yang lengkap dan integrasi dengan sistem ERP.

Fitur-fiturnya mencakup:

Fitur Unggulan

Keterangan

Pengelolaan Pesanan Mencatat pesanan pelanggan dan mengelola pembayaran.
Pengelolaan Inventori Mencatat persediaan bahan makanan dan minuman, membantu dalam pengelolaan inventory.
Laporan Keuangan Mencatat pemasukan dan pengeluaran perusahaan secara akurat, membantu dalam pengelolaan laporan keuangan.
Pengelolaan Staf Mencatat jam kerja, mengelola gaji, dan mengelola cuti staf, membantu dalam pengelolaan sumber daya manusia.

Lebih detailnya, HashMicro Restaurant POS bekerja dengan memulai dari pencatatan pesanan pelanggan, memproses pembayaran dengan berbagai metode, serta mengatur meja dan status pesanan di dapur. 

Sistem ini juga membantu mengelola inventaris bahan makanan dan minuman, pembuatan laporan penjualan secara akurat dan real-time, serta integrasi dengan sistem lain seperti akuntansi dan manajemen inventaris.

Kelebihan

Kekurangan

  • Mampu mengelola beberapa outlet dalam satu platform. 
  • Memiliki interface yang user-friendly.
  • Memiliki customer support yang responsif
  • Durasi implementasinya bervariasi tergantung kebutuhan pengguna. 
  • Antrian demo gratis HashMicro panjang karena mempunyai banyak peminat. 
  • Kurang cocok untuk bisnis kecil.

7. POSKU

POSKU by TDC Digital adalah aplikasi POS untuk memudahkan transaksi pembayaran digital, pengelolaan inventori, dan mengecek laporan penjualan.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Trans Digital Cemerlang (TDC) dan menawarkan solusi untuk membantu operasional bisnis retail dan restoran, mulai dari pencatatan pesanan hingga pelaporan keuangan, serta manajemen stok bahan baku.

Mereka memiliki tiga jenis POSKU, yakni POSKU Lite, POSKU Retail, dan POSKU Resto. Namun, untuk kali ini, kita akan membahas fitur POSKU Resto, ya.

Fitur Unggulan

Keterangan

POS Screen Antarmuka visual utama yang digunakan oleh kasir untuk memproses transaksi.
Kitchen Panel Mengelola pesanan yang masuk.
Item Menambahkan kategori menu dan menu baru.
Purchase Menambah supplier, melihat daftar supplier, dan mengatur order pembelian untuk supplier.
Sale Menambahkan customer dan melihat daftar customer.
Stock Melihat jumlah stok yang tersedia secara langsung (real-time) dan mengatur seluruh inventaris barang/bahan baku.
Waste Mengelola barang yang terbuang, rusak, kedaluwarsa, atau hilang.
Report Membuat laporan detail, mulai dari laporan penjualan, laporan supplier, dan banyak lagi.

Agar lebih terbayang penggunaannya seperti apa, Anda bisa mencoba demo gratis dari POSKU Resto.

Secara umum, cara menggunakannya cukup mudah. Ketika pelanggan membeli makanan atau minuman, kasir tinggal memilih produk di layar POSKU. 

Kemudian, sistem POS akan menghitung harga makanan, termasuk potongan harga (diskon) dan pajak. Terakhir, pelanggan tinggal melakukan pembayaran sesuai metode yang mereka inginkan.

Sekarang mari kita lihat kelebihan dan kekurangannya aplikasi ini, yuk:

Kelebihan

Kekurangan

  • Mendukung berbagai metode pembayaran, termasuk QRIS.
  • Memberikan laporan secara real-time sesuai keadaan di lapangan.
  • Mempercepat perubahan harga.
  • Fitur lebih lengkap untuk mengelola bisnis restoran.
  • Jika infrastruktur dan sistem terdapat gangguan, aplikasi kemungkinan jadi tidak bisa digunakan.
  • Belum terintegrasi dengan pesan-antar makanan online.

Tips Memilih Aplikasi POS yang Cocok untuk Bisnis Kulinermu!

1.  Pertimbangkan Kebutuhan Spesifik Bisnis Kulinermu

Apakah kamu menjalankan restoran cepat saji, kafe, food truck, atau restoran fine dining? Setiap jenis bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda. 

Misalnya, food truck lebih membutuhkan sistem yang lebih ringkas dan mobile, sementara restoran fine dining memerlukan fitur manajemen meja dan pemesanan yang lebih detail.

2. Aplikasi POS Harus Mudah Digunakan

Aplikasi POS yang ideal harus mudah dipelajari dan digunakan oleh seluruh staf, dari kasir hingga manajer. 

Sebab, interface user-friendly dan alur kerja yang sederhana akan mempercepat proses transaksi dan mengurangi kesalahan saat melakukan transaksi.

3. Fitur Harus Relevan dengan Bisnis Kuliner

Aplikasi POS yang Anda pilih harus memiliki fitur-fitur terkait bisnis kuliner.

Beberapa fitur yang sebaiknya ada, antara lain manajemen menu (menambah varian, modifier, dan promo), pelacakan inventaris bahan baku, integrasi dengan sistem pembayaran digital (seperti QRIS, e-wallet), serta kemampuan untuk mencetak struk dan laporan penjualan.

Kesimpulan

Setiap aplikasi POS untuk restoran memiliki fitur, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing.

Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan riset mendalam, mencoba versi demo atau trial, dan membaca ulasan dari pengguna lain sebelum membuat keputusan akhir.

Semoga artikel ini bisa menjadi panduan Anda memilih aplikasi POS yang tepat, ya!

Share:

wpChatIcon
wpChatIcon