Sedang mencari vendor aplikasi kasir untuk mempermudah transaksi dan mengembangkan bisnis Anda, tapi belum menemukan yang tepat?
Perkenalkan, POSKU by TDC!
Sistem POSKU adalah solusi kasir digital yang praktis dan efisien untuk berbagai jenis bisnis, mulai dari warung makan, toko retail, hingga kafe.
Mari simak pembahasan kami lebih lanjut!
Mengenal Lebih Jauh Soal POSKU
POSKU adalah aplikasi Point of Sale (POS) berbasis cloud yang dikembangkan oleh PT Trans Digital Cemerlang.
Aplikasi ini dirancang untuk membantu bisnis, terutama UMKM, dalam mengelola transaksi penjualan, inventaris, dan pelanggan dengan lebih efisien.
Ada tiga jenis POSKU yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu:
-
- POSKU Retail: Khusus untuk membantu operasional bisnis ritel, baik skala kecil, menengah, maupun besar.
- POSKU Resto: Khusus untuk memenuhi kebutuhan operasional restoran, kafe, bar, dan bisnis kuliner lainnya.
- POSKU Lite: Versi ringan dari POSKU yang ditujukan khusus untuk UMKM.
Keunggulan Aplikasi POSKU
1. Antarmuka user friendly dan mudah dipelajari
Antarmuka POSKU sederhana dan intuitif, mudah dipahami dan digunakan, bahkan oleh pengguna yang awam teknologi.
Tidak perlu pelatihan khusus yang rumit untuk mengoperasikan aplikasi ini.
Selain itu, POSKU juga bisa diakses kapanpun dan di mana pun melalui berbagai perangkat (smartphone, tablet, komputer) dengan koneksi internet.
2. Mencatat data transaksi secara detail
POSKU mencatat data transaksi penjualan secara detail dan akurat.
Ini mencakup informasi-informasi penting, seperti waktu dan tanggal transaksi, nama dan harga produk, jumlah produk, diskon, dan metode pembayaran.
3. Mampu mengecek stok barang secara otomatis
Bingung dan repot harus mengecek stok barang secara manual? Tidak ada lagi drama stok barang tidak terkontrol bila menggunakan POSKU!
POSKU membantu Anda mengontrol stok barang secara otomatis dan efisien.
Nah, adanya sistem otomatis ini akan meminimalisir kesalahan dalam pencatatan dan penghitungan stok barang.
4. Memberikan laporan secara langsung sesuai keadaan di lapangan
Masih membuat laporan penjualan setelah jam operasional selesai dan membutuhkan waktu lama?
Tidak perlu lagi lembur untuk membuat laporan!
Bersama POSKU, Anda bisa mengakses laporan terkait penjualan, inventaris, keuangan, pembelian, dan lainnya, kapan pun Anda membutuhkannya.
5. Mempersingkat proses transaksi
POSKU secara otomatis menghitung total belanja, diskon, dan kembalian sehingga kasir tidak perlu melakukannya secara manual.
Jadi, pelanggan tidak harus menunggu lama untuk menyelesaikan pembayaran. Antrian di kasir pun tidak lagi mengular dan memakan waktu.
Sangat efisien, kan?
Fitur-Fitur Unggulan POSKU
1. Fitur Kasirku
Pada POSKU Lite, ada fitur KASIRKU.
Ini adalah fitur utama POSKU yang mempermudah Anda melakukan penjualan.
Sistem akan menampilkan pencarian produk. Kasir bisa mencari produk dengan mengetikkan nama produk di kolom pencarian.
Produk ditampilkan dalam bentuk kartu dengan gambar, nama, dan harga. Setelah itu, kasir dapat menekan tombol tambah untuk menambahkan produk ke dalam keranjang belanja.
Pada fitur ini, kasir juga memproses pembayaran produk yang dipilih. Pembeli bisa memilih metode pembayaran dengan menggunakan tunai, virtual account, e-wallet, dan QRIS.
Sebenarnya fitur ini juga ada dalam POSKU Resto dan POSKU Retail, hanya saja dalam bentuk tampilan berbeda.
2. Fitur Produk
Kelola seluruh produk atau layanan yang Anda jual hanya dalam satu sistem otomatis.
Anda dapat menambahkan produk baru, mengedit informasi produk yang sudah ada (seperti nama, harga, stok), dan mengelompokkan produk ke dalam kategori.
3. Fitur Tambah Pengguna
POSKU mempermudah Anda untuk menambah kasir atau admin.
Anda cukup memasukkan informasi dasar seperti nama, email, dan mengatur hak akses mereka, misalnya, akses untuk melihat laporan, mengelola produk, atau melakukan transaksi.
Fitur ini sangat berguna jika Anda memiliki banyak karyawan dan ingin mengatur peran mereka.
4. Fitur Payment Point Online Bank (PPOB)
Khusus POSKU Lite, tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi kasir, tetapi juga sebagai Payment Point Online Bank.
Anda bisa melayani berbagai transaksi pembayaran dan pembelian, seperti pembayaran listrik, pembelian pulsa, pembelian paket data, dan lainnya.
Cara Kerja Aplikasi POSKU
1. Pelanggan Memutuskan Membeli
Proses bisnis dimulai ketika seorang pelanggan memutuskan untuk membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan.
2. Sistem POS Menghitung Harga Barang
Setelah pelanggan memilih produk atau layanan, sistem POSKU akan menghitung total harga barang atau layanan tersebut secara otomatis.
Ini termasuk menghitung harga satuan, jumlah barang, diskon (jika ada), dan pajak yang berlaku.
3. Pelanggan Melakukan Pembayaran
Pelanggan kemudian akan melakukan pembayaran.
POSKU mendukung berbagai metode pembayaran, seperti tunai, e-wallet, virtual account, dan QRIS.
4. Transaksi Jual-Beli Selesai
Setelah pembayaran berhasil dilakukan, transaksi jual-beli dianggap selesai atau terfinalisasi.
Sistem POSKU akan mencatat transaksi tersebut dan mencetak struk sebagai bukti pembayaran.
Optimalkan Bisnis Anda Bersama Sistem POSKU
Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu Point of Sales (POS), kan?
Jangan ragu-ragu lagi, segera upgrade bisnis Anda dengan sistem POSKU by TDC!
Bersama POSKU, proses transaksi penjualan Anda yang sebelumnya manual dapat diotomatisasi dan diintegrasikan ke dalam satu sistem yang ringkas dan mudah digunakan!
Ajukan DEMO GRATIS sekarang untuk merasakan kemudahan kasir dalam satu sistem bernama POSKU!
Ingin tahu informasi lebih lanjut?
Telp: +62812-1222-1811
Email: info@tdcdigital.id